PT. Adicipta Hasta Mulia

Kami spesialisasi Top Table+Zink untuk Kitchen set dan counter Top. Lebih lanjut click more >>

Multimedia

product 1

Proin eleifend quam eu purus aliquet scelerisque. Sed non nibh a urna tristique vestibulum.

Customizations

product 1

Morbi suscipit, nisl eget porttitor hendrerit, arcu sapien cursus enim, id luctus felis metus urna.

Senin, 11 Juli 2011

jQuery... Apa itu


JQUERY


jQuery merupakan Library JavaScript terhandal saat ini. Faktanya, banyak perusahaan besar tingkat dunia menggunakan jQuery dalam tekhnologi website mereka. Bahkan website-website lokal Pun takmau ketinggalan.
jQuery berhasil menyederhanakan fungsi-fungsi JavaScript dan Ajax yang rumit, sehingga hanya dengan beberapa baris kode, kita bisa membuat website dengan tingkat interaktivitas  yang tinggi(responsif), bahkan membuat animasi yang canggih tanpa memerlukan instalasi plugin flash pada browser.

Sebenarnya penggunaan jQuery sangatlah mudah, karena tanpa harus di bekali penguasaan pemrograman JavaScript sekalipun karena semuanya sudah di bungkus dalam bentuk library dan plugin. Intinya, kita hanya perlu tahu cara menerapkannya dalam website kita.

Bagi orang awam mungkin bertanya, jQuery.....!!! makanan apaan tuhhh....hehheeee....biasa orang ndonesia pd doyan makan, bukanya baca koran...heheheee...nih dibawah ini untuk selengkapnya.
Mendingan kita kenalan dulu sama jQuery okeehhhhh.....


KENALAN YUK SAMA jQuery

Semenjak dirilis pertamakali pada tahun 2006 oleh John Resig, jQuery lebih mencuri perhatian para Developer web. Buktinya, pada tahun-tahun berikutnya jQuery telah banyak di gunakan oleh Website-website terkemuka didunia, seperti: Google , Microsoft, Intel, Nokia, Oracle, IBM, DELL, BBC, NBC, ESPN, EA Sport, Twitter, Facebook, Amazon, Time, Youtube, Apple, Wordpress, Mozilla, netflix, Digg, Technorati, dan masih banyak lagi...Bahkan wesite lokal tidak mau pula ketinggalan, Lihat saja Detik, Setudio 21 (21cineplex), Indosiar, Vivnaews, Kompas, dan lain-lain.
Lihat aja gambar...






 
 Dan masih banyak lagi



Dan sampai saat ini sudah tercatat jutaan website yang telah menggunakan jQuery. Untuk lebih lengkapnya, silahkan kalian melihat daftarnya diwebsite http://docs.jquery.com/Sites_Using_jQuery.

So...kalo kita yang ngaku-ngaku sebagai seorang developer web belum kenal sama jQuery, waduuuhhh bisa dikatain kuper (kagak gaul)...capek deehh, hari gini kagak kenal sama jQuery, bisa teridap penyakit GAPWEB, alias gagap web...heheeee....ga lah yauuu.


01. Apa Itu jQuery

jQuery adalah Javascript Library >> umpulan kode atau fungsi JavaScript siap pakai, sehingga mampermudah dan mempercepat kita dalam membuat kode JavaScript. Secara standar, apabila kita membuat kode JavaScript, maka diperlikan kode yang cukup panjang, bahkan kadang sangat sulit dipahami, misalnya fungsi Javascript untuk membuat stripe (warna selang seling) pada baris satu tabal adalah sebagai berikut:

function stripe (id) {
var even = false;
var evencolor = arguments [1] ? arguments [1] : "#fff";
var oddcolor = arguments [2] ? arguments [2] : "#eee";
var table = document.getElemenByTd (id);
if (! table) { return; }
var tbodies = table.getElementsByTagName ("tbody");
for (var h = 0; i
if (! hasClass (trs[i] && ! trs [i].style.backgroundcolor) {
var tds = trs [i].getElementsByTagname (td");
for (var j + 0; j < tds.length; j++) {
var mytd = tds [j];
if (!hasClass(mytd) && ! mytd.style.backgroundcolor) {
mytd.style.backgroundColor = even ? evenColor : oddColor;
               }
             }
           }
         }
       }
     }


......weleeehhhh....pegel nih jari ngetiknya....hahaaa
Nah disini peran jQuery sebagai JavaScript Library, dimana kita bisa langsung memanggil fungsi yang terdapat didalam Library tersebut, menariknya kita hanya memerlukan satu atau dua baris untuk membuat warna selang-seling pada suatu tabel,
yaitu:
jQuery ('table tr:nth-child(odd)') .addClass('odd');

Nahhhh...gimana menurut kesimpulan kalian, bukannya lebih singkat kan...
Intinya fungsi jQuery itu bagaikan manusia yang "SEDIKIT BICARA BANYAK BEKERJA" atau "CUKUP TULIS SEDIKIT TAPI MELAKUKAN BANYAK HAL"...
Sederhana sekali bukan.....


Oya....hampir lupa enyonge....heheeee
udah nulis panjang lebar tapi ngemeng-ngemeng dah pada tahu JavaScrpt belum...??? Malu dong anak MI ga tau Javascript.
JavaScript merupakan pemrograman web yang berjalan disisi klien (browser), sehingga dapat membuat website lebih hidup (interaktif & responsif). beberapa contoh yang dapat dilakukan JavaScript adalah pembuatan animasi, kotak dialog, mengubah bentuk cursor mouse, validasi form, dan lain-lain. kemampuan istimewa Javascript dapat membuat website dengan cita rasa dekstop.


02. Mengapa Memilih jQuery

Mengapa kita lebih memilih jQuery dibanding JavaScript Library pendahulunya seperti Prototype, Mootools, YUI Yahoo User Interface), dan Dojo ?  berikut beberapa alasan yang membuktikan jQuery sangat Powerfull dan layak di jadikan pilihan..
Yaitu:

> jQuery telah banyak digunakan oleh website-website terkemuka didunia.
> Kompatibel/cocok dengan semua browser yang populer, seperti: Mozilla, Internet Explorer, Safari, Chrome, dan Opera.
> Kompotibel dengan semua versi CSS ( CSS 1 sampai CSS 3 ).
> Dokumentasi, Tutorial dan contoh-contohnya lengkap, silahkan kunjungi website resminya di http://jquery.com
> Di dukung oleh komunitas besar dn aktif, seperti forum, Milis, Blog, Sosial Engeneering (twitter & facebook), website & tutorial.
> Ketersediaan plugin yang sangat banyak jumlahnya. Plugin merupakan kemampuan tambahan yang bisa disertakan pada jQuery.
> Filenya hanya satu & ukurannya pun kecil, hanya sekitar 20 kb, sehingga cepat aksesnya.
> Open source/free (gratis) dengan lisensi dari GNU General Public License dan MIT License.
> jQuery lebih banyak digunakan oleh para developer web dibandingkan JavaScript Library lainya.

Dalam tren google pun, jQuery paling mendominasi dibandingkan JavaScript Library lainnya. Biasanya tren google berhubungan dengan tren skill pekerjaan, khususnya dibidang IT. Untuk mengetahi perkembangan tren google mengenai JavaScript Library bisa dilihat dialamat:
http://www.google.com/trends?q=jQuery%2C+prototype%2C+yui%2C+dojo%2C+mootools&ctab=0&geo=all&date=ytd&sort=0

ex: 
Buat kalian yang belum tau bagaimana contoh jQuery....Kebetulan web ku in juga saya kasih sedikit bumbu jQuery, kalo mau lihat contohnya bisa anda deketkan kursor mouse anda di atas gambar profil saya di bagian header atas...gambar akan membesar & menjadi dua kan, nahhhh....itu contoh jQuery tooltip.
Dan yang kedua coba kalian lihat di bawah tulisan DAFTAR BACAAN, di sbelah kanan content., coba kalian klik sub foldernya...itu contoh jQuery daftar isi pohon.

Untuk tutorialnya mungkin anda bisa berselancar sendiri di google, disitu sangat banyak tersedia karna di blog saya belum sempat ngasih tutorialnya, yah malumlah sibuk kulian & kerja jadi waktuku hanya sedikit.

Cukup sekian dari saya semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca yag siap untuk menjadai para penikmat jQuery.

MARI TERUS BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA BANGSA INDONESIA





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maturnuwon...