PT. Adicipta Hasta Mulia

Kami spesialisasi Top Table+Zink untuk Kitchen set dan counter Top. Lebih lanjut click more >>

Multimedia

product 1

Proin eleifend quam eu purus aliquet scelerisque. Sed non nibh a urna tristique vestibulum.

Customizations

product 1

Morbi suscipit, nisl eget porttitor hendrerit, arcu sapien cursus enim, id luctus felis metus urna.

Minggu, 15 Mei 2011

Pergilah Kemana Hati Membawamu


Dah dua minggu hati gw merasa resah, galau & Ga tenang  tak karuan...W ga tau ada apakah arti semua'y ini, tp w ga mau menjustifykasi sesutu yg belum terjadi, w ga mau meramal & diramal walaupun untuk diri w sendiri.
Saat lagi asik FB'an w dapat pesan di FB dari some-1 yang isinya...

Some-1 : beberapa hr ni g keliatan mas,,,kmna j?
Gw : ada ko cuman lagi sering di atas ajja....
Some-1 : oh,,,skrng senengny maen m yg atz2 to,,,jd lp m yg bwh.
w g tau y mas klo liat u,w sebel,tp klo ga ad w nyariin,, eitzzz,jgn slh phm y,,,mungkin w kna penyakit roso x ye mpe kdng2 kbwa mimpi mlh,,,jiah gajebo,,,y tp emg bgitu knyataanny mas,,kira2 w slh p y mas m u?
"tanpa di edit loh yah pesan di atas, langsung COPAS ajja"

Ooooohhhh.....tidaaakkkkk...............!!!!!!!!!
w ga percaya seorang yg berjilbab, alim, pengetahuan ttg ilmu agama'y luas, wawasan  jg luas, pintar dll knapa bisa mengucap demikian, masih ada sih pesan yang lebih pribadi tapi yah itu secret aja lah, padahal dia dah bersuami. w emang pernah deket sih dulu ma dia selagi dia masih gadis / single tp cuma sebatas rekan kerja aja ga lebih...huhhhh...bener-bener lagi kena penyakit hati dia.

Dengan adanya kejadian tersebut w langsung terketuk, w inget w punya Buku yang berjudul "BIARKAN HATIMU BICARA" & w langsung bongkar buku lama gw yang ada didalam tumpukan kardus yang ga pernah di baca lagi & w tergugah utk membaca & menuangkan'y di Blog ini karena w liahat2 rank blog w tiap harinya dah mulai ditengok pengunjung (mungkin bisa bermanfaat bagi yang mau sadar tentang apa arti, makna & tujuan hidup) Ini cuma ringkasan yg pokok aja, seandainya w tulis semua ga kebayang 1 buku gitu looocchhh.....udah yah langsung aja capek nih ngomog mulu...heheeee....
BUKU TUHUN 2007 "Biarkan Hatimu Bicara" TERBITAN SERAMBI "www.serambi.co.id"


BIARKAN HATIMU BICARA

Banyak orag bilang yah "ikuti kata hatimu saja"...dah beribu2 kali w denger kata2 ini, itu memang ga salah, tapi alangkah baiknya jika kita tahu mana itu kata hati & mana itu nafsu/emosi.
Pembaca tercinta! lantas apa hati itu sendiri? dimanakah dia berada? apa bedanya dengan emosi, perasaan & akal?
Hati jangan disalah artikan sebagai emosi, spt: amarah, rasa takut & serakah, ketika orang bicaara mengenai "keinginan hati" mereka biasanya merujuk pada kaeinginan nafs. Nafs tertarik pada kenikmatan Duniawi & tidak peduli akan Tuhan, sedangkan Hati tertarik kepada Tuhan & hanya mencari kenikmatan didalam Tuhan.

Mari kita ulas penjelasan Imam al-Ghazali berikut ini:

Tubuh laksana Negara, Tangan Kaki & beragam anggota Tubuh laksana pekerja Ahli. Nafs bagaikan pemungut pajak. Amarah bagaikan Polisi. Hati adalah Rajanya. Akal adl Perdana Mentrinya. Nafs layaknya pemungut pajak, ia senantiasa berusaha menarik segala sesuatu untuk kepentingannya sendiri. Sementara amarah bersifat keras & kasar, yg cenderung menghukum & ingin menghancurkan. Raja (hati) harus mengendalikan bukan hanya nafs & amarah, melainkan juga Akal. Ia harus menjaga keseimbangan di antara kekuatan ini.

Di manakah Hati berada? biasanya orang menjawab, hati terdapat di dalam dada. Jawaban semacam ini tidaklah salah. Sebab, menurut sufi mutahir Inayat Khan, ada pusat saraf di dalam dada manusia yang sangat sensitif terhadap perasaan-perasaan, sehingga selalu di anggap sebagai HATI. Bila mana seseorang merasakan kenikmata Hebat, kenikmatan itu berada di puat syaraf tersebut, dan melalui pusat cahaya itu seluruh wujudnya tampak bersinar, dia merasa seperti sedang terbang. Pun kalau seseorang di landa depresi/frustasi, perasaan ,ini memengaruhi pusat syaraf tersebut. Dadanya terasa sempit dan sesak sepert tertindih beban berat.

Itulah barang kali makna Hati dalam bentuk fisik dari hadits terkenal ihwal posisi sentral hati dalam diri manusia. Rasyid Ridha, Mufasir terkemuka dari mesir, menyebut ada dua macam Hati "qalb" yaitu sepotong tubuh yang menjadi pusat peredaran darah (qalb al-badan) & suatu subsistem jiwa yang menjadi pusat perasaan (qalb al-nafs). Dimensi yg pertama berpengaruh besar terhadap kesehatan 
badan & dimensi  kedua menentukan kesehatan rukhaniyah.
Hati dalam makna nonfisiklah yang menyimpankecerdasan & kearifan kita yang terdalam. Ia lokus makrifat atau pengetahuan seperitual. Ia adalah titik tengah antara nafs & rukh, ia adalah sesuatu yang lembut yang berasal dari Tuhan, Ia adalah hologram antara lahir & ghoib, sebuah organ yang merefleksikan KESEMPURNAAN.

...Panca indra manusia bagaikan lima pintu yang terbuka menghadap ke dunia luar. Tapi yang lebih menakjubkan lagi, Hatinya memiliki jendela yang terbuka kearah Dunia ruh yang tak kasat mata, kadang2 bisa ia dapatkan isyarat tentang masa depan. Hati bagaikan cermin yang memantulkan segala sesuatu yang tergambar.

MANUSIA YANG TERASING DARI 
PUSATNYA SENDIRI "HATI" AKAN TERASING
DARI SEGALA SESUATU. IA TAK HANYA ASING BAGI 
DIRINYA SENDIRI, TAPI JUGA MENJADI ASING DI ALAM SEMESTA


Pembaca, simaklah terjemahan Alquran, maka anda akan menemukan kata "hati" bertaburan di berbagai ayat. Menurut Alquran, Hati adalah lokus dari apa yang membuat seseorang manusia menjadi Manusiawi, pusat dari kepribadian manusia. Hati bukan cuma tumpuan pandangan Tuhan, melainkan juga lokus dimana tuhan mengungkapkan diri-Nya sendiri pada manusia. Kehadiran Tuhan akan terasa di dalam Hati, dan wahyu di turunkan ke dalam hati para Nabi.
Hati juga pusat pandangan, pemahaman & dizkr. Iman tumbuh dalam hati, juga berbagai macam kebaikan seperti kesucian, kesalehan, ketegasan, kelembutan, keluasan, kedamaian, cinta & tobat.

Menurut al-Tirmidzi, Hati memiliki empat setasiun:
1. Dada (shadr)
2. Hati (qalb)
3. Hati lebih dalam (fu'ad)
4. Inti hati yang terdalam (lubb)

Keempat setasiun ini saling bersusunan bagaikan lingkaran. Dada adalah lingkaran terluarnya, hati & hati lebih dalam berada pada kedua lingkaran tengah, sdangkan inti hati berada pada di pusat lingkaran.

Fungsi keeempat setasiun tersebut:

1. Dada (shadr)
Adalah inti tindakan, ia tempat interaksi antara kepribadian kita & alam seperitual kita. Kita memerlukan kepribadian untuk beraksi,  namun kita juga membutuhkan bimbingan kearifan yang dalam dari hati.

2. Hati (qalb) 
Tempat pengetahuan yang mendalam dan keimananterhadap ajaran sepiritual & keagamaan yang murni. Ia juga tempat kesadaran kita akan kehadiran Tuahan, sebuah kesadaran yang mengarahkan kita pada transformasi pemikiran & tindakan.

3. Hati lebih dalam (fu'ad)
berkedudukan lebih dalam lagi, tetapi sangat dekat hubungannya dengan hati. Ia tempat pengetahuan langsung. Hati secara intelektual memahami bahwa kita berada dibawah pengawasan Tuhan.

4. Inti hati (lubb)
Ini adalah suatu wilayah yang maha luas, ia berada diluar jangkauaun kata-kata, teori-teori, & pemikiran-pemikiran. Pada tingkatan ini, orang suci memasuki dunia puisi. bukan lagi prosa.
Semakin dalam kita menyelam kehati kita, maka semakin dekat kita kepada sang Maha Baik & Maha Benar. Semakin kita dekat dengannya (hati), semakin kita menyerap & memancarkankebaikan & kebenaran bagi semesta. Karena itu apa yang menahan kita untuk menjelajahi ke dalam hati kita....???



Pergilah Kemana Hati Membawamu

Di dunia ini ataupun tak jauh lah orang-orang terdekat saya, banyak terdapat Manusia kosong.
Yah...Di dalam "dunia  tunggang langgang", kita terengah payah, gagap tak sempat berkejarn dengan perubahan yang membuat hari ini segera usang. Ada begitu banyak tawaran, kita tertarik keberbagai arah tanpa tahu sepenuhnya setandar apa yang mau kita pakai.

Manusia kosong, adalah manusia yang tidak bisa menentukan & mengambil keputusannya sendiri, ia kehilangan makna, ia resah setiap kali mau mengambil keputusan, ia tak tahu apa yang diinginkan & kerap tak mampu memilih jalan hidup yang berarti bagi dirinya, ia terasing atau teralienasi!
Disaat itu banyak alan terbentang dihadapanmu & kau tak tahu jalan mana yang harus kau tempuh, janganlah memilihnya dengan asal saja, tetapi duduklah & tunggulah sesaat.
Tarik napas dalam-dalam, dan penuh kepercayaan, seperti kau bernapas dihari pertamamu di dunia ini.
Jangan biarkan apaun mengalihkan perhatianmu, tunggulah & tunggulah lebih lama lagi. Berdiam dirilah, tetap hening, dan dengarkanlah hatimu. Lalu, ketika hati itu bicara, beranjaklah, dan pergilah kemana hati membawamu....!"




HATI MEMILIKI MATA YANG DI GUNAKAN UNTUK MENIKMATI PEMANDANGAN ALAMGAIB,TELINGA UNTUK MENDENGAR
PERKATAANPENGHUNI ALAM GAIB DAN FIRMAN 
TUHAN,HIDUNG UNTUK MENCIUM 
WEWANGIAN 
YANG
GAIB, DAN MULUT 
UNTUK MERASAKAN CINTA,
MABNISNYA KEIMANANSERTA HARUMNYA PENGETAHUAN
SEPIRITUAL.

Najm al- Din Razi


  

AMAL APAKAH YANG PALING BAIK?...MEMBAHAGIAKAN 
HATI MANUSIA, MEMBERI MAKAN ORANG YANG 
LAPAR, MENOLONG ORANG YANG 
MENDERITA, MERINGANKAN 
KESEDIHAN
ORANG YANG BERSEDIH,
DAN MENGHAPUSKAN KESALAHAN 
ORANG YANG TERLUKA

Hadis nabi SAW


SEMAKIN KITA MENCINTAI, SEMAKIN KITA MEMBUKA HATI KITA.
TINDAKAN TANPA DISERTAI CINTA DAN NIAT HATI
YANG TULUS TIDAK BEGITU BERMAKNA,
ATAU BAHKAN SAMASEKALI TAK
BERMAKNA.

Anshari




Tak terasa sudah jam 00:45, sudah saatnya untuk istirahat karena besok saya kerja.
Semoga bacaan di atas bisa menambah wawasan & pengetahuan kita semua, apabila ada kesalahan/kekelirun kami minta maaf & minta teguran, saran & kritiknya yang membangun, supaya saya bisa memperbaikinya.

Terimakasih.............!!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maturnuwon...